Thursday, January 8, 2015

7 Tips Menjaga Kesehatan Alat Reproduksi Wanita



Menjaga Kesehatan Alat Reproduksi Wanita
Kesehatan Alat Reproduksi Wanita sangat penting dilakukan, karena merupakan aspek yang memungkinkan manusia mendapatkan keturunan. Apabila Salah satu Jaringan Organ Reproduksi terganggu, maka kehamilan akan sulit terjadi. Adapun beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita adalah sebagai berikut:
  1. Bersihkan bagian luar alat kelamin wanita setelah buang air kecil atau air besar, dengan menggunakan air bersih, dan tidak menggunakan sabun atau shower gel. Hal ini menyebabkan kekeringan dan iritasi kulit sekitar kelamin.
  2. Ketika masa menstruasi, ganti pembalut sesering mungkin terutama pada awal haid yang biasanya darah akan keluar lebih banyak. Perlu anda ketahui bahwa darah merupakan media untuk perkembangbiakan kuman penyakit.
  3. Hindari memasukkan jari ke dalam alat kelamin wanita dengan tujuan membersihkan bagian dalam alat kelamin wanita. Hal ini dikarenakan dapat menghilangkan bakteri loctobacili yang berguna bagi alat kelamin wanita.
  4. Sebelum dan sesudah Berhubungan Suami Istri, bersihkan alat kelamin dengan air bersih. Dan untuk menghindari infeksi kandung kemih dan Menjaga Kesehatan, lakukan buang kecil setelah 30 menit.
  5. Apabila anda mengalami keputihan, seringlah untuk berganti celana dalam atau gunakan panty liner agar lebih nyaman. Keputihan normal biasanya terjadi pada hari sebelum haid, ketika gairah seksual meningkat, kehamilan dan klimakterik (masa setelah menopause). Apabila keputihan terjadi terus menerus segera lakukan pemeriksaan ke dokter, untuk mendapatkan penanganan medis, agar tidak memicu terjadinya kemandulan.
  6. Hindari terlalu sering mencukur bulu kemaluan, karena dapat memicu infeksi.
  7. Wanita tidak membutuhkan produk atau obat perawatan alat kelamin, kecuali untuk mengobati infeksi dan keputihan abnormal. Jadi apabila tidak mengalami keluhan keputihan atau gejala infeksi, sebaiknya jangan gunakan produk pembersih yang banyak beredar di pasaran. Perawatan alat kelamin cukup dengan air bersih atau air sedikit hangat.

Kesadaran untuk Menjaga Kesehatan Alat Reproduksi Wanita, harus diajarkan sejak dini dan dilakukan secara terus menuris. Gangguan Kesehatan Reproduksi Wanita termasuk kemandulan. Dengan Organ Reproduksi yang sehat, diharapkan mampu terbentuk keluarga yang harmonis.

7 Tips Menjaga Kesehatan Alat Reproduksi Wanita Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khairunnisa

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Popular Posts